Sunday, September 4, 2016

Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Lemon

Posted by Prismayanto Raharjo on Sunday, September 4, 2016

Hal yang perlu kita ketahui tentang jeruk lemon

Jeruk Lemon atau umumnya orang menyebut buah lemon adalah salah satu jenis buah jeruk yang dikenal dan sering dikonsumsi, baik sebagai minuman atau jus segar atau sebagai pelengkap hidangan untuk menambahkan rasa segar dan asam.  Lemon mempunyai ciri-ciri antara lain Asam, berair dan mempunyai aroma khas jeruk pada umumnya . Ciri-ciri fisik lainnya lemon mempunyai  ukurannya yang lebih kecil dibandingkan jeruk citrus lainnya dan dengan kulit yang lebih Tipis.

 

Family dan Jenus Lemon

Jeruk Lemon yang mempunyai nama ilmiah  Citrus limon adalah termasuk dalam family Rutaceae dari genus Citrus. Dalam genus citrus termasuk di dalamnya berbagai jenis jeruk antara lain jeruk biasa, jeruk bali, tangerine, dan grapefruit (jenis jeruk besar). Dan menjadi fakta unik bahwa Lemon merupakan buah jeruk  dengan ukuran paling kecil diantara buah dalam genus Citrus lainnya. akan tetapi dengan ukurannya kecil tersebut, ternyata khasiat lemon sangatlah besar.

 

Awal Tumbuhan  Lemon Berasal

pada awalnya lemon merupakan tanaman asli dari Asia, tepat buah ini awalnya tumbuh di kaki bukit himalaya, timur laut dari India. Kemudian dari kaki bukit himalaya, lemon dimulai menyebar hingga di seluruh daerah Timur Tengah, Benua Eropa, Benua Afrika, dan bahkan sampai ke Amerika.

 

Kandungan dan Ciri Buah Lemon

Kelenjar minyak atsiri adalah kandungan utama lemon. Minyak Atsiri memiliki banyak menfaat bagi kesehatan. Daging buah dapat dijumpai dalam bentuk sejumlah segmen, disebut sebagai karpel, yang didalamnya tersusun dari gelembung-gelembung sari jeruk. Buah lemon yang sudah matang akan berubah warna dari hijau menjadi warna kuning  kuning. Sedangkan buah lemon matang umumnya memiliki panjang diameter sekitar 5 – 8 cm dan berat sekitar 50 – 80 gram.

 

Penggunaan Lemon dalam Hidangan / Kuliner

Pengunaan lemon yang utama sebagai pelengkap hidangan / kuliner, baik sebagai bumbu pelengkap atau hidangan kuliner terutama untuk dibuat sebagai Juice.  Terkadang Daging buah dan kulit lemon dimanfaatkan sebagai bahan untuk memasak dan membuat kue atau berbagai jenis roti. Lemon memiliki sekitar 5% - 6%  Kandungan asam sitrat dalam segelas Juice Lemon. Asam sitrat inilah yang memberikan rasa asam pada buah lemon. Rasa asam ini yang memberikan kesegaran, sehingga lemon sering kita jumpai dalam bentuk Minuman.
Hidangan Roti Lemon

 

Variasi Pengolahan Lemon

Sebelum anda akan mengolah lemon, maka terlebih dahulu untuk  mencuci bersih buah lemon dengan menggunakan air dingin. Biasanya, untuk dapat memeras ekstrak lemon, lemon dipotong menjadi dua bagian yang sama. Kemudian gunakan alat peras khusus jeruk lemon.

Berikut adalah beberapa variasi olahan lemon :
  1. Irisan lemon dapat digunakan sebagai hiasan pada makanan (contohnya : salad) dan berbagai minuman. Lemon dapat digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan berbagai minuman segar maupun kemasan.
  2. Lemon digunakan sebagai campuran dalam berbagai jenis makanan, seperti berbagai hidangan kue (cakes, pastry) dan bumbu pelengkap.
  3. Jus lemon dapat dibekukan dan disimpan untuk digunakan di kemudian hari.Bagian terluar kulit lemon yang kaya akan kelenjar minyak dan kaya akan citarasa dapat diparut dan digunakan dalam berbagai olahan kuliner.
  4. Di Persia, lemon dapat dikeringkan dan diawetkan untuk digunakan sebagai bumbu kuliner khas persia.
  5. Lemon dan jeruk nipis dapat dijadikan asinan. Keduanya merupakan lauk pauk yang populer di Timur Tengah, India, Pakistan dan Maroko.

 

Batasan Konsumsi  Jus Lemon yang baik.

Kandungan Jus Lemon mempuyai kadar PH yang cukup rendah, yaitu sekitar 2. Untuk penderita sakit  sariawan biasanya rasa jus lemon akan terasa asam memberikan rasa seperti terbakar jika terkena area lidah, bibir atau mulut yang terinfeksi oleh sariawan tersebut. Dan diharapkan tidak untuk berlebihan mengkonsumsi Jus lemon untuk  seorang penderita maag. Dengan  mengkonsumsi jus lemon dalam jumlah yang banyak bagi penderita maag maka beresiko meningkatkan asam lambung.
Lemon Juice Water

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment