Tuesday, September 13, 2016

Mengapa Tidak Mencoba Membuat Lilin Dengan Kulit Jeruk

Posted by Prismayanto Raharjo on Tuesday, September 13, 2016



Buah Jeruk yang memiliki banyak sekali kandungan vitamin C ternyata sangat berguna untuk ketika terjadi pemadaman listrik. Bagi sebagian masyarakat kota, pemadaman listrik atau mati listrik adalah hal yang sangat membosankan, karena sebagian besar kebutuhan dan peralatan menggunakan Listrik. Apalagi jika padam terjadi pada malam hari, maka dipastikan ruangan akan menjadi gelap gulita.


Penerangan sebenarnya dapat digantikan oleh lampu charge yang diisi ketika listrik menyala atau umumnya kita menggunakan lilin.  Dengan adanya buah jeruk dirumah mengapa kita tidak mencoba untuk membuat lilin menggunakan kulit jeruk.

Selain untuk pengganti penerangan ketika lampu padam, lilin dari kulit  jeruk dapat pula dibuah sebagai hiasan ruangan pada saat kita dinner misalnya,

Bahan untuk membuat lilin dengan kulit jeruk juga sangat mudah. Hanya dengan menggunakan jeruk dan minyak zaitun. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan :

  • Siapkan jeruk dengan jenis jeruk yang memiliki kulit yang tebal. 


  • Potong kulit jeruk dengan pisau secara horizontal. Usahakan tidak merusak keutuhan kulit jeruk


  • Hasil yang cantik adalah potongan kulit jeruk yang menyerupai mangkok dengan sumbu ditengahnya.


  • Ambil minyak sayur atau minyak zaitun,  kemudian tuang kedalam "mangkok"jeruk

  • Biarkan selama 3 - 5 menit, kemudian nyalakan lilin kulit jeruk. 





Selain untuk tambahan penerangan, kegiatan ini juga dapat menjadi kreasi dan hiburan untuk mengembankan kreatifitas anak untuk membuat benda. Perlu juga diingat bahwa perlu pengawasan yang baik untuk menggunakan lilin kulit jeruk agar tidak terjadi kebakaran.

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment